Cara Membuat Model (Template) Jadwal Kelas di Simpatika Terbaru



Assalamualaikum wr. wb

Selamat datang di  M. KHOSYI Blog, semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat, amin.
Postingan kali ini ditujukan khusus bagi rekan-rekan operator dan guru, khususnya bagi operator madrasah pendatang baru yang mengabdikan diri di madrasah, untuk mensukseskan administrasi pendidikan pada lembaga swasta di bawah naungan Kementrian Agama RI. Meskipun madrasah rata-rata swasta, tapi jangan dianggap remeh sistem pendataan yang diterapkan, yang jelas banyak sekali jenis pendataannya. Saking banyaknya model pendataan yang diterapkan, rata-rata kebanyakan dari operator madrasah mengeluh karena selalu kerja lembur sampai tengah malam demi menyelamatkan kehidupan madrasah dari segi administrasi.

Adapun jenis-jenis administrasi yang dikerjakan untuk madrasah mulai dari Simpatika, Emis, laporan BOS, dan lain sebagainya yang rata-rata pengerjaannya hampir secara keseluruhan membutuhkan koneksi internet alias online. Tapi untuk postingan kali ini khusus kita bahas tentang SIMPATIKA yaitu tentang Cara Membuat Model atau Template Jadwal Kelas. Karena berangkat dari model model jadwal kelas inilah jadwal mingguan dibuat. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dibuat sebelum menyusun jadwal adalah model jadwalnya dulu.
Baiklah, kita mulai saja untuk menyusun model jadwalnya, namun hal-hal yang paling pokok anda lakukan terlebih dahulu adalah:
1.      Kunjungi situs simpatika.kemenag.go.id
2.      Pilih menu Login
3.      Login simpatika melalui akun kepala sekolah atau operator terlebih dahulu
4.      Pilih Login PTK
5.       Masukkan NUPTK/PegId dan Pasword (Akun Kepala/Operator) dan Klik Masuk
Sampai disini Anda sudah berhasil masuk sistem Simpatika.

 #Membuat Model atau Template Jadwal Kelas

Setelah anda berhasil  login melalui akun kepala sekolah atau operator madrasah, maka tampilan utama yang akan anda temukan adalah Dasbor Layanan Simpatika, disitu ada banyak sekali pilihan. Jika anda login dengan akun kepala madrasah, maka pilihan yang paling atas adalah Sekolah dan PTK, maka untuk membuat model jadwal kelas anda harus memilih Sekolah. Namun jika anda login dengan akun operator, maka hanya ada satu pilihan yaitu Sekolah maka langsung klik Sekolah saja. Untuk lebih jelasnya, saya uraikan sebagai berikut:

  • Pilihlah layanan Sekolah seperti gambar berikut.
 
  • Setelah  anda memilih layanan Sekolah, maka anda akan diarahkan ke menu sekolah,  kemudian anda pilih tombol Jadwal yang berada di sebelah kiri, berikutnya pilih menu Kelola Model Untuk Jadwal Kelas. Lihat gambar di bawah ini
 
  • Setelah anda memilih Kelola Model untuk Jadwal Kelas, maka tampilan yang akan muncul adalah sebagai berikut, pilih saja Buat Model Baru di sebelah kanan.
 
  • lalu lakukan pengisian data, disesuaikan dengan kebuhan madrasah anda karena kebutulan yang saya buat ini untuk jenjang Raudhatul Athfal (RA). Setelah selesai diinput nama model, waktu mulai, jumlah jam, durasi dan hari libur, kllik simpan.


    • Waktu mulai   : Adalah waktu  dimulainya pelajaran (contoh. Pukul 07.00)
    • Durasi               : Adalah waktu yang di butuhkan dalam satu jam pelajaran (contoh. 35 menit)
    • Jam per hari  : Adalah jumlah jam mengajar dalam satu hari untuk masing masing kelas. *Jumlah jam per hari menentukan jumlah baris jadwal. Hitung juga untuk kegiatan Imtaq dan jumlah jam istirahat.
    • Nama model   : Isi dengan nama model terserah anda (contoh. Kelas I s/d III)


     Kurang lebih tampilannya seperti berikut.

    CATATAN: Untuk jenjang RA buat 2 model untuk 2 kelas, MI 6 model, Mts 3 model (menyesuaikan untuk kelas paralel), ini juga berlaku untuk jenjang MA. 
    ⧫ Setelah anda mengklik tombol simpan, model jadwal pelajaran baru 50% jadi. Tinggal anda melakukan pengeditan untuk kegiatan belajar, istirahat dan lainnya. Untuk melakukan pengeditan model, cukup anda klik kotak nomor 1, 2 atau 3 tergantung jam ke berapa yang akan kita rubah.
    ⧫ Misalkan anda klik jam ke satu untuk mengubah kegiatan menjadi Senam, maka tampilannya kurang lebih seperti di bawah ini.
      
  •  Isi jam mulai dan jam berakhir lalu klik simpan, maka akan muncul form konfirmasi perubahan kegiatan, klik saja OK.
 
 
  • Lakukan pengisian seperti di atas untuk jam istirahat, paraktikum dan lain-lain. Setelah semua rampung 100%, maka anda beralih ke pengisian jadwal mingguan.
 LIHAT CARANYA DISINI: Cara Membuat JadwalKelas di Simpatika
Demikian tutorial cara membuat model atau templat jadwal kelas di simpatika, mudah-mudahan bermanfaat buat rekan-rekan operator, khususnya operator yang baru di simpatika. Share buat yang lain jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini.
Wassalamualaikum wr. wb

0 Response to "Cara Membuat Model (Template) Jadwal Kelas di Simpatika Terbaru"